Halaman

Arsip Blog

Powered By Blogger

Rabu, 01 Februari 2012

INFORMASI TAMBAHAN

APLIKASI MOBILE LEARNING BERBASIS MOODLE DAN MLE PADA PEMBELAJARAN KEDOKTERAN

Distance learning atau pendidikan jarak jauh telah dimulai pada awal abad ini. Perkembangan terbarudalam teknologi mobile semakin memungkinkan untuk mendukung pembelajaran di bergerak dan memanfaatkansituasi belajar spontan. Mobile Learning (m-Learning) adalah generasi berikutnya e-Learning dan berdasarkanpada perangkat mobile. Pada penelitian ini akan difokuskan pada aplikasi pembelajaran dibidang kedokteran,Dengan menggunakan Mobile Learning Engine (MLE) yang merupakan aplikasi multimediabased untuk ponseldan Mobile Interactive Learning Objects (MILOs) untuk aplikasi m-Learning terstruktur secara umum samadengan Learning Objects untuk e-Learning,sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan lancar
Pengertian pembelajaran atau learning adalahsuatu proses yang dilakukan siswa untuk mencapaisasaran belajarnya. Agar siswa dapat mencapaisasaran belajar secara optimal, maka siswa perlumenambah waktu belajar diluar kelas untukmembaca, menulis, diskusi dengan siswa lain,menyelesaikan soal-soal dan lain-lain. Berikutnyaskenario pembelajaran formal di kelas, banyakbelajar bersifat informal, terjadi di tempat-tempatyang tak terduga dan pada waktu yang tak terduga.E-learning adalah suatu kemajuan penting dalamsistem pendidikan modern. Oleh karena itu, metodedan isi e-learning membuat perubahan dan tantanganbaru dalam hal teknis dan sosial. Aspek baru inimuncul dari bagaimana orang berurusan denganinformasi, bagaimana mereka akan mendapatkankonten dalam situasi dan tempat belajar yangdiinginkan. Komunitas pembelajaran merupakanpendekatan baru dan terfokus pada aspek interaksiantar orang. Platform e-learning modern harusmencerminkan tantangan baru ini
idak seperti e-learning tradisional, sumber daya(computing resources) pada lingkungan mobilelearning sangat terbatas. Divais bergerak yangdigunakan sebagai media belajar memiliki beberapaketerbatasan, seperti catu daya, kapasitas penyimpan,pemroses,layartampilandansaranamasukan/keluaran. Di samping itu, divais bergerakmemiliki platform yang beragam, begitu pula denganplatform server yang dipakai sebagai sumber dayapembelajaran. Kenyataan ini menyebabkan sistemmobile learning harus dikembangkan secara khususdan dioptimalkan sedemikian rupa untuk dapatkompatibel pada divais yang beragam dan sumberdaya yang terbatas serta memiliki interoperabilitasyang tinggi (Riyanto, 2006).Perkembangan terbaru dalam teknologi mobilesemakin memungkinkan untuk mendukungpembelajaran mobile dan memanfaatkan situasibelajar spontan ini. Selain itu, teknologi mobilemenawarkankesempatanbaruuntukmengintegrasikan belajar spontan dalam skenariopembelajaran yang lebih formal. Sudah, kita melihatkecenderungan untuk menggunakan skenariopembelajaran blended dengan cara menggabungkanberbagai bentuk pembelajaran, dan mengintegrasikanberbagai cara untuk mengakses konten, misalnya,berbasis web, desktop, dan mobile (Goh, 2009
Pada penelitian ini akan difokuskan pada aplikasipembelajaran dibidang kedokteran, dikarenakanperkembangan yang cepat di dunia kedokteran sertamobilitas peserta didik yang tinggi. Untuk itudiperlukan solusi yang bagus dalam menyelesaikanpermasalahan ini. Salah satu solusi yang ditawarkanadalah dengan menggunakan mobile learning, Salahsatu strategi yang paling penting untuk mobilelearning berfokus pada pembelajaran yang dapatdilaksanakan dimana saja, komunikasi dalam dialog,dan konektivitas untuk memenuhi aspek-aspek komunitas dan platform belajar. Denganmenggunakan Mobile Learning Engine (MLE) yangmerupakan aplikasi multimediabased untuk ponseldan Mobile Interactive Learning Objects (MILOs)untuk aplikasi m-Learning terstruktur secara umumsama dengan Learning Objects untuk e-Learning,sehingga kelas virtual dapat dibangun dengan baikpada keadaan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar