Halaman

Arsip Blog

Powered By Blogger

Rabu, 01 Februari 2012

E-STATEMENT PADA SMARTPHONE BLACKBERRY

Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisa dan membangun aplikasi pada smartphone BlackBerry untuk menanganipenerimaan tagihan dalam bentuk e-Statement, membangun aplikasi pada pihak server perusahaan untuk mengirimkaninformasi tagihan, membangun aplikasi pada pihak server third party sebagai perantara antara server perusahaan dengansmartphone BlackBerry dalam pengiriman tagihan, mengurangi waktu pemrosesan dan pengiriman tagihan sertamengurangi pemakaian kertas. Metode penelitian yang digunakan ialah metode analisis dan metode perancangan. Metodeanalisis meliputi survei atas sistem yang telah ada, melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner, mempelajaridokumen perusahaaan dan sistem yang telah ada, dan analisis terhadap hasil wawancara dan dokumen perusahaan.Metode perancangan yang digunakan adalah Object Oriented Analysis Design (OOAD) melalui pendekatan prosesrekayasa perangkat lunak model Waterfall dan menggunakan Unified Modeliing Language (UML), yaitu Use CaseDiagram, Class Diagram, Sequence Diagram, dan State Diagram, serta perancangan ERD. Hasil yang dicapai ialahsistem pengiriman tagihan yang menggunakan aplikasi mobile e-Statement pada smartphone BlackBerry. Simpulan yangdicapai ialah penerima tagihan dapat melihat seluruh tagihannya pada satu aplikasi, waktu pengiriman tagihan yang lebihcepat, menyediakan layanan pengiriman tagihan yang lebih cepat, mengurangi kelalaian pembayaran tagihan,memberikan kemudahan untuk melakukan complaint atas ketidaksesuaian informasi tagihan
Pada masa dewasa ini, pengiriman tagihanseperti tagihan kartu kredit, tagihan listrik (PLN),tagihan air (PAM), dan tagihan lainnya masihmenggunakan jasa kurir (via pos) atau dapat disebutsebagai sistem manual karena tagihan masihmenggunakan kertas tagihan yang dihasilkan olehsistem dan diberikan kepada kurir untuk diantarkanke alamat tagihan. Lamanya pengiriman pun adayang dalam beberapa hari saja sejak akhir bulanpemakaian dan bahkan ada tagihan yang tidaksampai ke pelanggan. Akibatnya pelanggan yangtidak mendapat tagihan pun lupa membayar karenatidak mendapat kiriman tagihan dan berdampakpelanggan dikenakan sanksi berupa denda ataupunsanksi lainnya. Pengiriman tagihan ini menggunakansangat banyak kertas dengan banyaknya pelanggandan banyaknya tagihan yang diterima setiappelanggan untuk setiap bulannya. Cara pengirimantagihan lainnya adalah pengiriman tagihan dalambentuk email. Tetapi masih sedikit perusahaan yangmenggunakan email untuk mengirimkan tagihankepada pelanggan dikarenakan alasan keamananataupun masalah dimana pelanggan melakukancomplaint bahwa pelanggan tidak menerima tagihanberupa email padahal perusahaan sudah melakukanpengiriman
Seiring dengan berkembangnya teknologikomunikasi, salah satu teknologi yang berkembangdengan pesat saat ini adalah teknologi Push-APIpada smartphone BlackBerry, maka akan lebihefisien jika tagihan dikirim menggunakan e-Statement yang dibangun pada smartphoneBlackBerry, dimana e-Statement adalah layananonline bagi pelanggan sehingga setiap pelanggandapat menerima tagihan tanpa menggunakan kertasdan proses pengiriman yang lebih cepatdibandingkan sistem yang manual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar