Halaman

Arsip Blog

Powered By Blogger

Rabu, 01 Februari 2012

PEMBUATAN APLIKASI SIMULASI TICKETING DENGAN METODE TRANSAKSI E-PAYMENT VOUCHER PADA BIOSKOP XXI BERBASIS MOBILE APPLICATION CLIENT WIDGET

Menonton film di bioskop adalah hobi bagi sebagian warga kota metropolis. Namun menonton film box office yang harus didahului dengan antrean panjang dan ketidakpastian memperoleh tiket merupakan siksaan tersendiri bagi penghobi film. Fenomena tersebut mewakili banyak terjadi di dunia nyata. Dan untuk itulah diperlukan terobosan-terobosan baru yang dapat mengeliminasi atau meminimalkan kejadian tersebut.Saat ini teknologi telekomunikasi dan teknologi informasi telah berkonvergensi dan berkembang begitu pesat. Jumlah pengguna handphone dengan berbagai aplikasinya juga bertumbuh secara luar biasa. Teknologi handset pun juga tidak kalah berevolusi. Dalam penelitian ini dilakukan upaya menghadirkan alternatif pembelian tiket bioskop secara online (e-ticketing) dengan sistem e-voucher dan dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang dapat memudahkan para pengguna handphone (khususnya smartphone). Oleh karenanya aplikasi ini dikembangkan berbasis mobile application client widget. Dan salah satu fitur yang akan melengkapi aplikasi ini adalah berupa rekomendasi gedung bioskop lain (yang memutar film yang sama), apabila tiket pada gedung yang dituju telah habis terjual. Dimana pencarian alternatif bioskop lain terdekat akan dilakukan menggunakan penggabungan algoritma Dijkstra dan metode Haversine. Dari hasil ujicoba yang dilakukan, telah terbukti dan berhasil dan efisien didalam melakukan transaksi secara mobile, memberikan anjuran lokasi bioskop terdekat secara akurat beserta jalur yang efektif untuk ditempuh.
Alt. Description
Watching the movie in cinema is a hobby for some metropolis people. But, watching box office movies that should be preceded by a long queue and it was a torture of uncertainty get a separate ticket for moviegoers. These phenomena represent a lot happening in the real world. And that’s necessary for new breakthroughs that can eliminate or minimize that incident. Nowadays telecommunications and information technology has developed so rapidly. The number of mobile phone user with various application is also growing tremendously. Handset technology also don’t fail to evolve. This research attempted to presenting an alternative purchase movie ticket online (e-ticketing) with e-voucher system and equipped with various features that can facilitate mobile phone user ( particularly smartphones). This application was developed based on mobile application client widget. And one feature of them, that will complete this application is to give recommendation of other cinemas (which play the same movie), if the ticket at the targeted building had been sold out. The alternative search of the nearest cinemas is using Dijkstra’s algorithm and Haversine method. The results of tests showed, this application proved successful and efficient in mobile transactions, provided advice in accurate location of the nearest cinema with an effective path to pursue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar